Punya Banyak Cicilan? Begini Cara Atur Uang untuk Melunasinya

Cicilan kerap menjadi opsi yang diambil di kala banyaknya kebutuhan yang nggak terpenuhi dengan dana tunai. Cicilan juga sering dipilih ketika kita mau beli sesuatu, tapi harganya cukup tinggi dan sayang kalau harus bayar tunai. Apa pun tujuannya, cicilan pada dasarnya adalah metode transaksi yang bertujuan mempermudah kita dalam memperoleh sesuatu. 

Hanya saja, pada praktiknya, kebijaksanaan penggunalah yang akan menentukan apakah cicilan akan bermanfaat atau justru menjerumuskan. Apalagi sekarang di tengah banyaknya layanan cicilan uang bulanan cepat cair dengan berbagai jenis, terutama yang bunganya rendah seperti Kredivo, bisa membuat cicilan semakin mudah dan cepat di dapat. Hanya perlu unduh dan daftar lewat aplikasinya, dalam 1×24 jam ke depan, layanan cicilan sudah ada di tangan. 

Namun, kalau sudah terlanjur punya banyak cicilan dan pusing sama tagihan, apa yang harus dilakukan? 

Tahan godaan & stop berutang

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menguatkan diri dari berbagai godaan yang datang untuk menambah cicilan dan stop berutang sementara. Makin banyak cicilan yang diambil, akan makin banyak pula tagihan yang harus kamu bayar. Nggak mau kan, gajian bukannya senang malah jadi pusing karena semua alokasinya ke cicilan? Maka dari itu, yuk say no to installment, dan mulai buat daftar cicilan yang sudah dimiliki untuk tahu sisa cicilan dan batas jatuh temponya. 

Miliki niat dan disiplin yang kuat untuk membayar

Selain stop berutang, kamu juga perlu memiliki niat dan disiplin yang kuat dalam membayar utang. Ini artinya, banyak keinginan atau bahkan kebutuhan yang harus dikorbankan. Apalagi kalau kamu mau utangnya cepat-cepat lunas dan beban keuangan pun berkurang. Tanpa adanya niat dan disiplin, melunasi utang hanya akan jadi angan-angan. Bukan cuma berpotensi kena denda, skor kredit kamu juga akan menurun kalau terlalu banyak punya cicilan, lho.

Gunakan fitur autodebet untuk pembayaran utang

Cara tercepat untuk bisa membayar dan disiplin dengan utang adalah menggunakan fitur autodebet langsung. Untuk tagihan yang rutin per bulan, misalnya kamu punya cicilan motor, supaya nggak kelupaan atau uangnya terpakai, lebih baik aktifkan fitur autodebet langsung ke rekeningmu di tanggal tertentu. Dengan begitu, cicilan akan tepat waktu terbayarkan dan kamu pun terhindar dari denda. 

Pangkas pengeluaran untuk memenuhi keinginan pribadi

Kalau mau utang lunas lebih cepat, kamu juga perlu memangkas berbagai keinginan pribadi. Misalnya, yang tadinya 20% dari gaji masih ada untuk jajan, belanja, dan jalan-jalan, kalau utang yang dimiliki sudah terlalu banyak, maka mau nggak mau pengeluaran ini perlu disesuaikan atau ditiadakan untuk sementara. Daripada ujung-ujungnya malah harus nambah utang baru demi menutup utang lain? Nggak ada salahnya berkorban demi kebaikan dan kestabilan kondisi keuangan sendiri. 

Ganti akses cicilan dengan yang bunganya lebih rendah

Nantinya, jika semua utang atau cicilan berjalan sudah hampir atau lunas seluruhnya, segera lakukan evaluasi keuangan. Hal-hal apa saja yang sekirang membuat utangmu menumpuk. Apakah gaya hidup? Sulit menahan godaan? Terlalu banyak keluar uang untuk perintilan dan hal nggak penting? Atau justru kamu salah memilih layanan cicilan?

Untuk opsi yang terakhir, maka kamu bisa mulai mencari layanan kredit lain yang sekiranya pas dengan kebutuhanmu. Yang berbasis online misalnya ada Kredivo. Layanan kredit all in one dengan limit maksimal Rp 30 juta yang bisa digunakan untuk pay later tanpa bunga, cicilan 0%, cicilan s.d 12 bulan dengan bunga rendah, hingga pinjaman tunai.

Serupa dengan kartu kredit, fitur pinjaman tunai atau cicilan uang bulanan cepat cair di Kredivo setara dengan tarik tunai. Bedanya, bunga Kredivo jauh lebih rendah. Kamu bisa pinjam dana mulai 500 ribu sampai puluhan juta, tergantung limit yang kamu miliki di Kredivo. Suku bunganya hanya 2,6% per bulan dengan opsi tenor cicilan 1/3/6 bulan. 

Yang menarik, Kredivo nggak memiliki biaya lain-lain selain biaya yang tertera dalam detail transaksimu. Seperti biaya bulanan, biaya tahunan, atau biaya kartu yang ada pada kartu kredit misalnya. Artinya, kamu hanya perlu membayar tagihan di Kredivo apabila pernah melakukan transaksi. Kalau nggak, maka nggak akan ada tagihan apa pun. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *